Lowongan 2008: Perum Pegadaian

October 18, 2008

Lowongan oktober  2008: Perum Pegadaian

Perum Pegadaian sebagai BUMN yang bergerak di bidang penyaluran kredit untuk Perorangan maupun Pengusaha Mikro Menengah dan Kecil di Indonesia dengan Visi : “Pegadaian pada tahun 2010 menjadi perusahaan yang modern, dinamis dan inovatif dengan usaha utama gadai”, dan Motto : Mengatasi Masalah Tanpa Masalah, dengan ini mengundang putra-putri terbaik Indonesia yang berkualitas, memiliki komitmen, integritas dan moralitas tinggi serta sanggup bekerja keras untuk bergabung sebagai tenaga administrasi yang terampil dan handal yang memenuhi criteria sebagai berikut :

A. KETENTUAN UMUM PELAMAR :
1. Pelamar adalah Warga Negara Republik Indonesia (WNRI);
2. Usia pelamar adalah kelahiran 1980 dan sesudahnya;
3. Pendidikan pelamar minimum D3 dengan Indeks Prestasi Kumulatif
(IPK) minimal 3,00 pada skala 4 sedangkan pelamar dengan pendidikan
S1 dengan IPK minimal 2,75 pada skala 4. (Lebih diutamakan untuk
lulusan program studi Hukum, Manajemen, Ekonomi dan akuntansi);
4. Memiliki referensi pengalaman kerja bidang customer service,
kasir, pramugari/pramugara , administrasi perkantoran (lebih
diutamakan) dan melampirkannya pada berkas lamaran;
5. Memiliki kemampuan mengoperasikan aplikasi computer office (lebih
disukai), sertifikat terkait dilampirkan pada berkas lamaran;
6. Belum menikah dengan melampirkan surat keterangan belum menikah
dari pejabat yang berwenang;
7. Sehat jasmani, rohani, bebas dari penggunaan narkoba dan obat
psikotropika, serta tidak buta warna yang dibuktikan dengan
keterangan dokter/institusi yang berwenang.
8. Membuat surat pernyataan bermeterai Rp. 6.000,-, dilampirkan pada
berkas lamaran, yang menyatakan :
a.Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia;
b.Bersedia diterima sebagai calon pegawai Perjanjian Kerja Waktu
Tidak Tertentu (PKWTT) atau Pegawai tetap pada pangkat/grade
sesuai dengan ketentuan kualifikasi setara lulusan D3 berdasarkan
peraturan dan ketentuan yang berlaku di Pegadaian dan /atau pegawai
Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)/Pegawai Kontrak. Penentuan
tipe kelulusan didasarkan pada peringkat (ranking) hasil seleksi;
c.Bersedia mengganti biaya yang telah dikeluarkan selama proses
seleksi apabila pelamar telah dinyatakan lulus seleksi tahap akhir
dan mengundurkan diri sepihak;
d.Bersedia berangkat menuju tempat penempatan pertama dengan
biaya sendiri;
e.Bersedia menanggung segala biaya transportasi dan akomodasi
selama proses seleksi dari tempat tinggal (domisili) peserta/pelamar
ke tempat lokasi seleksi (lokasi seleksi ditentukan Tim Kantor
Wilayah Perum Pegadaian sesuai alamat pada lamaran yang dituju oleh
Pelamar);

B. PERSYARATAN ADMINISTRATIF dan CARA MELAMAR:
1. Pelamar membuat surat lamaran yang ditujukan ke Direktur Utama
Perum Pegadaian c.q.Pemimpin Wilayah Perum Pegadaian terdekat dengan
domisili pelamar;
2. Pas Foto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 3 (tiga)
lembar;
3. Foto Copy KTP yang masih berlaku sebanyak 1 lembar;
4. Foto Copy Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;
5. Foto Copy Ijasah dan /atau surat keterangan lulus yang
dilegalisir dengan tanggal legalisir 1 Januari 2007 atau setelahnya;
6. Foto Copy transkrip nilai yang dilegalisir dengan tanggal
legalisir 1 Januari 2007 atau setelahnya;
7. Foto Copy Sertifikat ketrampilan komputer dan /atau prestasi
di bidang olah raga, seni dan budaya yang dimiliki (preferable) ;
8. Referensi/surat pengalaman kerja (preferable yang sesuai
dengan bidang bisnis Pegadaian);
9. Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB)/Surat Keterangan Catatan
Kriminal (SKCK) dari Kepolisian;
10. Berkas lamaran lengkap dengan lampiran dimasukkan dalam
amplop coklat dan dikirimkan melalui alamat PO. BOX yang dituju
paling lambat tanggal 21 Oktober 2008 (CAP POS), tidak diperkenankan
mengirimkan berkas lamaran secara langsung;
11. Hanya pelamar terbaik saja yang berhak mengikuti seleksi
tahap selanjutnya. Seluruh berkas lamaran yang masuk menjadi milik
Perum Pegadaian dan tidak dapat ditarik/diambil kembali dengan
alasan apapun;
12. Pelamar yang pernah mengirimkan lamaran sebelum adanya
pengumuman rekrut ini apabila masih berminat, agar mengajukan
lamaran kembali sesuai persyaratan dan ketentuan dalam rekrutmen ini,
13. Pelamar agar mengirimkan 1 (satu) berkas lamaran saja ke satu
alamat PO.BOX yang telah ditentukan seleksi akan dilaksanakan secara
serentak di seluruh Indonesia, pengiriman lebih dari 1 (satu) berkas
hanya akan diproses di satu tempat;
14. Tahapan proses seleksi penting untuk diperhatikan oleh para
pelamar :
a. Penerimaan lamaran melalui PO.Box kantor Pos Kantor Wilayah
Perum Pegadaian di Seluruh Indonesia, dibuka sejak dimuatnya
pengumuman ini di situs http://www.pegadaian.co.id dan akan diumumkan
di media massa nasional dan lokal. Penerimaan berkas lamaran paling
lambat tanggal 21 Oktober 2008 (CAP POS);
b. Bagi peserta yang lulus seleksi administrasi akan diikutkan
pada seleksi lebih lanjut dengan tahapan seleksi tertulis berupa 1.
Test Potensi Akademik dan Bahasa Inggris; 2. Test Psikologi; 3. Wawancara & Test Kesehatan. Seleksi menggunakan sistem gugur.
c. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan
berminat mengikuti seleksi lebih lanjut DIWAJIBKAN mendaftar ulang
(tidak boleh diwakilkan) di Kanwil Pegadaian setempat paling lambat
1 (satu) hari sebelum pelaksanaan test tertulis, dengan membawa Form
konfirmasi pelamar untuk test tertulis.
d. Pengumuman pelamar yang lulus administrasi dan jadwal tahapan
seleksi dapat dilihat pada tanggal 30 Oktober 2008 di situs
http://www.pegadaian.co.id
15. Alamat lamaran agar ditujukan sesuai lokasi terdekat dengan
domisili peserta dengan memilih salah satu dari Kantor Wilayah Perum
Pegadaian sebagai berikut (Peserta/Pelamar Wjib mencatumkan nama
Kota Madya/Kabupaten asal domisili peserta pada sudut kanan atas
amplop lamaran):

ALAMAT LAMARAN

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah
Pegadaian Medan, PO.BOX/Kotak Pos 42324-01, Medan
Cakupan Wilayah: Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara.
Pelaksanaan Seleksi di Medan

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah
Pegadaian Pekan Baru, PO.BOX/Kotak Pos 2008-18, Pekan Baru
Cakupan Wilayah: Pekan Baru, Riau Daratan, Riau Kepulauan, Batam,
Tanjung Pinang.
Pelaksanaan seleksi di Pekan Baru.

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah
Pegadaian Padang, PO.BOX/Kotak Pos 2008-02, Padang.
Cakupan Wilayah : Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi.
Pelaksanaan seleksi di Padang

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah
Pegadaian Palembang, PO.BOX/Kotak Pos 42324-17, Palembang.
Cakupan Wilayah : Palembang, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka
Belitung,
Pelaksanaan seleksi di Palembang

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah
Pegadaian Jakarta I, PO.BOX/Kotak Pos 2008-03, JKT 10900, Jakarta
cakupan Wilayah : Jabodetabek, Sukabumi.
Pelaksanaan seleksi di Jakarta.

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah
Pegadaian Jakarta II, PO.BOX/Kotak Pos 2008-16, Jakarta 10900
Cakupan Wilayah : Jabodetabek, Sukabumi.
Pelaksanaan seleksi di Jakarta

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah
Pegadaian Makassar, PO.BOX/Kotak Pos 42324-05, Makassar.
Cakupan Wilayah : Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Ambon
Pelaksanaan Seleksi di Makassar.

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah
Pegadaian Balikpapan, PO.BOX 42324-13, Balikpapan.
Cakupan Wilayah : Kaltim, Kalteng, Kalbar, Kaltengg, dan kalsel.
Pelaksanaan Seleksi bisa pilih di Balikpapan atau Pontianak

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah
Pegadaian Surabaya, PO.BOX/Kotak Pos 42324-09, SB 60012 Surabaya.
Cakupan Wilayah : Jawa Timur dan Madura,
Pelaksanaan Seleksi di Surabaya.

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin
Wilayah Pegadaian Bandung, PO.BOX/Kotak Pos 2008-04 Bandung 40000.
Cakupan Wilayah: Jawa Barat dan sekitarnya, khusus untuk rekrut PKWT,
Pelaksanaan seleksi di Bandung

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin
Wilayah Pegadaian Denpasar, PO.BOX/Kotak Pos 42324-2008-12 Denpasar.
Cakupan Wilayah : Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa dan Tenggara
Timur, khusus untuk rekrut PKWT.
Pelaksanaan Seleksi di Denpasar.

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin
Wilayah Pegadaian Semarang, PO.BOX/Kotak Pos 42324-06 Semarang 50000.
Cakupan Wilayah : Jawa Tengah dan DIY,khusus untuk rekrut PKWT,
Pelaksanaan seleksi di Semarang.

Kepada Yth.: Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin
Wilayah Pegadaian Manado, PO.BOX/Kotak Pos 42324-15 Manado.
Cakupan Wilayah: Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Papua, Maluku
Utara,
Khusus untuk rekrut PKWT,
Pelaksanaan seleksi bisa pilih di Manado atau Papua

16. Keputusan kelulusan bersifat final dan mutlak tidak dapat
diganggu gugat, serta tidak diadakan surat menyurat. Kategori
kelulusan untuk Kanwil yang tidak khusus untuk rekrut PKWT
didasarkan pada urutan ranking nilai teratas sebagai calon PKWTT dan
selanjutnya untuk PKWT.
17. Diklat induksi dilaksanakan untuk seluruh calon pegawai tetap
maupun pegawai kontrak direncanakan akhir bulan Nopember 2008.
18. Pelamar yang dinyatakan lulus sebagai pegawai kontrak (PKWT)
langsung ditempatkan bekerja di Cabang Pegadaian yang ditentukan
oleh Pegadaian, Sedangkan Calon Pegawai PKWTT mengikuti pendidikan
Calon Penaksir Pegadaian dengan syarat menandatangani perjanjian
ikatan dinas.

Hanya pelamar yang memenuhi syarat dengan kriteria terbaik serta
tercepat mengirim lamaran yang dipanggil dalam seleksi. PERUM
Pegadaian adalah BUMN yang menerapkan Good Corporate Governance
(GCG). Selama proses seleksi tidak dipungut biaya apapun dan tidak
menerima tanya jawab apapun juga.

Jakarta, Oktober 2008
TTD
DIREKSI

31 Responses to “Lowongan 2008: Perum Pegadaian”

  1. james hutapea said

    oi,,waktunya mepet banget,,kan butuh waktu utk urus skck,ket lum nikah,dll,,,

  2. Faisal Saleh said

    yach…itukan dari pegadaiannya, bukan saya yang nentuin..hehehehehhe.

  3. hendro said

    Alhamdulillah,setidaknya masih ada BUMN yang membuka lowongan pekerjaan secara terbuka.semoga pelaksanaanya lancar,bebas KKN ok

  4. andrew s poetra said

    nebeng komen ya.bagus ni,coba tiap saat ada lowongan kerja yang menjanjikan seperti ini.minimal 1hari ada 100 lowongan kerja,Insyaallah gak akan ada pengangguran dan kemiskinan akan cepat berkurang.ayo semua kawula muda di Indonesia cepetan daftar ya..selamat berjuang

  5. Faisal Saleh said

    Betul ya..kadang kemampuan gak cukup sebagai modal utama, tapi kesempatan. Terkadang kesempatan hanya datang sekali dalam hidup kita. Selagi ada kesempatan dan kita bisa… kenapa gak?!!

  6. arsy said

    mepet ey besok dah tanggal 19. gimana ngurusnya nech?
    tapi semangat ja

  7. mey said

    mepet buanget apalagi bx berkas yang harus dilmpirkan.Kaga bisa ditambah waktux nih

  8. andrev said

    waduh baru tau euy ad lwngan
    ksh tau y klo ada lgi….
    tp hrus semangat

  9. Faisal Saleh said

    Itu sebabnya..sering sering donk kunjungin blog OM…heheheheheh

  10. rrs said

    kok yang di cari yg muda2. kasihan dong yang dah tua lm dpt krj

  11. vivin said

    smgt oi

  12. boy said

    AYO SEMANGAT.. MERDEKA..YES..

  13. ww said

    kok tgl 30 pagi blm ada pengumuman sich!pa yg nginput data belum digaji ma pegadaian……………..

  14. tik said

    iya ya udah siang gini juga belum ada pengumumannya..piye to…..aku menunggu ni…kalo ada kabari aku ya

  15. wulan said

    kapan yah jadwal ujian pegadaian??? kok nggak nongol di tungguin smpe tgl 30??

  16. christ said

    duh lama bteee banget gak ada kabarnya hehehehehe

  17. nopi(*,*) said

    tgl 30 hampir berlalu…..kok,lum ada jg pengumuman para kandidat yg isa ikt test??? whats going on???????? ayak naon?????????

  18. cylla said

    iyooo cakmano nian mano woi pengumuman para kompetitornyo
    ca…….pe……dedh……akyu bweeeetee buanget cak itu nah ???????????????? panas pantat aku dari tadi nyari dak ado.begerug u uuuuuuk
    pening – pening lah ngartikenyo

  19. cendol said

    kesian buanget nasib kita ya mau liat pengumuman eh belum ada gw dr tengah malam tadi loooooooooooo ya kira2 pantat gw leboih dr 100 derajat celcius

  20. 4nda said

    mana hasilnya????katanya diumumin tanggal 30 oktober.koq g ada???

  21. nay said

    kang… teh…cang…cing…nyak babeh nie pengumuman hasil seleksi administrasi perum pegadaian dah keluar nie …. buruan pada ke warnet ….. langsung buka situsnya baca deh hasilnya…. yang lulus selamet deh…. yang ga lulus ya coba lagi he he he……………. salam aja ma sobat2 ti ciamis….. temen2 ti UNIGAL, ti Alumni SMA 1 Ciamis…………. husna, miranti, gita, doddy, aep, ………………….. lu………lu………s……….. yuk

  22. ASIH said

    Tolong minta info pengumuman hasil tes akademis dong…?

  23. adhi said

    pengumuman cab. Semarang kok g ada…????

  24. adhi said

    pengumuman ca.semarang kok g ada…????

  25. adhi said

    mohon bantuannya…..????

  26. Dian said

    ini pertama kalenya aku ikutan CPNS di pegadaian. Alhamdulillah bisa ikut test. Mudah2an aku lulus. Amiiiiiiiiin.

    Ayo semuanya Smangatttttt.

  27. aldi said

    kenapa sih waktunya selalu mepet.. terus syaratnya ribeeet bgt..

  28. lr said

    gue cari janda kaya ajeeee…
    pengusaha walet seriussss nihhh mau saya ambil istriii
    datanglah ke Matos Malang

    pakai bajuuu blue okeee thanks

  29. Andi Nugroho said

    Bapak saya kerja 40th di Pegadaian tp saya mau masukin scr benar aja susah, gara2 cm umur pdhl dah pengalaman kerja ditempat lain 5 thn, dah gt jaraknya terlalu mepet…yahc emng nasib jd org jujur

  30. ennold said

    omm faisal…..minta tolong dong om kalau ada foto foto diklat induksi tolong dong om aku minta kirim ke e-mail ku ya om……..makasih om ohya om mau nyampein selamat buat temen2 yang udah lulus sebagai peg pegadaian……….yang belum jangan puts asa terus berjuang.oke…………………trims om………tulisan om faisal disitus ini oke banget……trus ditingkatin ya om………ennold……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: