Tes Skolastik & TKU untuk CPNS

June 7, 2009

Sayangnya, meski telah mempersiapkan diri dan mental dalam menghadapi tes CPNS, tidak jarang para pelamar tetap mengalami kegagalan. Bahkan, tidak jarang dari mereka yang tidak lulus tes adalah orang-orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.
Hanya ada dua kemungkinan mengapa hal itu bisa terjadi. Pertama, adanya kesalahan teknis atau administratif. Kedua, salah strategi. Kesalahan-kesalahan kecil dalam tes justru bisa menjadi hal yang paling fatal.

Namun, Anda tidak perlu berkecil hati. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisasi kegagalan dalam tes CPNS.
1.    Selalu siapkan diri dengan baik. Jauh hari sebelum Anda mengikuti tes, berlatihlah dengan giat. Perbanyak melakukan latihan soal-soal sejenis yang kira-kira akan diujikan pada hari-H. tujuannya agar pada saat melakukan tes, Anda tidak akan kaget atau bingung dengan jenis tesnya. Sebab sedikit banyak Anda sudah mempunyai banyak pengetahuan mengenai soal-soal yang akan diujikan. Intinya, practice make perfect!
2.    Ketika hari-H datang, yakinkan pada diri bahwa Anda sudah siap untuk bertanding. Persiapan mental sangat penting. Berpikir positif tentunya akan sangat membantu. Selain persiapan mental, persiapan secara fisik juga tidak kalah penting. Kondisi badan yang fit tentunya akan menunjang keberhasilan Anda. Istirahat yang cukup sebelum tes, sarapan yang bergizi, dan dukungan moril dari keluarga ikut membantu. Jangan lupa untuk berdoa agar dimudahkan segala usahanya.
3.    Saat mengerjakan tes, perhatikan instruksi dengan cermat. Dengarkan semua petunjuk dari pelaksana ujian dengan baik. Jangan sampai ada petunjuk yang terlewatkan karena satu kesalahan kecil saja akan berakibat fatal.
4.    Saat mengerjakan tes, kerjakan dengan tenang, teliti, dan hati-hati. Tidak perlu terburu-buru walaupun Anda dibatasi oleh waktu. Buat strategi yang baik dalam mengerjakan soal. Usahakan kerjakan soal yang dianggap lebih mudah. Tujuannya agar Anda tidak merasa stress karena mengerjakan soal yang dianggap sulit. Sesuaikan waktu dengan jumlah soal sehingga Anda dapat memprediksi berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengerjakan soal-soal tersebut. Kemungkinan besar Anda memang tidak akan bisa menyelesaikan keseluruhan soal, jadi jangan berusaha untuk mengisi soal tersebut dengan jawaban asal-asalan agar terkesan bahwa Anda dapat menyelesaikan keseluruhan soal. Ada beberapa instansi yang memberlakukan skoring nilai dengan sistem benar +1, salah -1, dan jawaban kosong 0. Jadi, Anda bisa memprediksi jumlah skor seandainya mengisi secara asal-asalan.
5.    Jangan menyontek. Ini poin paling penting juga. Banyak alasan mengapa Anda dilarang menyontek. Selain merugikan orang lain, itu juga merugikan Anda karena belum tentu jawaban yang Anda lihat adalah jawaban yang tepat.
6.    Setelah selesai menjawab, periksa kembali lembar jawaban Anda. Cek data diri yang ada pada lembar jawaban. Jangan sampai ada identitas Anda yang terlewat karena satu kesalahan kecil, fatal akibatnya.

 

http://www.rileks.com/life-n-style/pustaka/buku-baru/24213-agromedia.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: