Peminat Job Expo Membludak

June 9, 2009

Selasa, 09 Juni 2009 , 07:27:00

BURSA KERJA: Pelaksanaan Pekanbaru Job Expo 2009 di Hotel Mutiara Merdeka pada hari pertama langsung disebut para pencari kerja, Senin (8/6/2009).(**/said mufti/riau pos)

PEKANBARU (RP) -  Di hari pertama pembukaan Pekanbaru Job Expo 2009, Senin (8/6), ribuan orang terutama para pencari kerja sudah memadati beberapa ruangan di Hotel Mutiara Merdeka. Bursa kerja yang diikuti 84 perusahaan itu menjadi tumpuan pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.
Ajang tahunan yang digelar Pemko Pekanbaru dalam rangka menyambut hari jadi Kota Pekanbaru, untuk tahun ini memang lebih berbeda karena jumlah peminatnya lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Terutama dari jumlah perusahaan yang ikut serta sehingga menjadi daya tarik puluhan ribu pencari kerja untuk mengadu nasib. 

 

Hampir semua ruangan pertemuan di Hotel Mutiara Merdeka dipakai. Selain ruangan Sultan Ball Room sebagai ruangan utama, ruangan kecil lainnya seperti Kampar Room, Rokan Room terpakai semua. Bahkan di lorong utama menuju Sultan Ball Room terlihat berjejer stand peserta pameran.
Beberapa perusahaan yang merekruit tenaga kerja melalui job expo kemarin di antaranya PT Chevron, PT BSP, PT Ciliandra Group, Ford Pekanbaru, Bank Riau dan beberapa perusahaan besar dan kecil lainnya yang berada di Kota Pekanbaru.
Rata-rata setiap perusahaan menerima minimal tiga tenaga kerja bahkan sampai puluhan. Dari perhitungan, 84 perusahaan yang ikut serta akan menerima tenaga kerja sebanyak 2.270 orang.
Seperti PT BSP menerima tiga tenaga kerja teknis, terutama untuk geologis, perminyakan dan geofis. Sedangkan seperti Bank Riau juga menerima beberapa tenaga ahli, mulai dari accounting, pemasaran dan lainnya.
Wali Kota Pekanbaru Drs H Herman Abdullah yang membuka secara resmi Pekanbaru Job Expo 2009 berharap dari iven ini, bisa mengurangi jumlah pengangguran di Kota Pekanbaru. ‘’Saya dengar ada 31.175 pencaker yang tercatat. Sedang job expo kali ini bisa menampung 2.000 lebih tenaga kerja. Paling tidak 7-8 persen dari seluruh pencaker bisa diterima di sini,’’ ujar Wali Kota.
Ia juga berharap, 2.000 tenaga kerja itu jangan hanya di atas kertas saja. Belajar dari tahun 2008, di mana disebutkan job expo akan menyerap 1.000 tenaga kerja, tetapi yang dterima hanya setengahnya. ‘’Kita berharap jika 2.000 orang diterima maka sebanyak itu juga diterima,’’ harapnya.
Kepala Disnaker Pekanbaru HA Ikhwan NST SE mengungkapkan, kegiatan bursa kerja yang ketiga kali ini, dilakukan untuk menanggapi tak seimbangnya pencaker dengan lowongan yang tersedia. Oleh sebab Pemko, menjadi mediator untuk mempertemukan pihak perusahaan yang memerlukan karyawan dan pencaker yang kesulitan untuk mencari lowongan. ‘’Jumlah pencaker yang terdaftar cukup banyak. Untuk pendidikan SLTA, tercatat 48 persen, DIII 14 persen dan S1 34 persen,’’ jelasnya.
Terbantu
Staf PT BSP, Ismadi Hasan (30) yang dikonfirmasi Riau Pos mengaku sangat terbantu dengan adanya job expo ini. Jadi dengan mudah menerima tenaga kerja yang sangat diperlukan. Tak perlu membuat pengumuman penerimaan. ‘’Kita tetap akan memperioritaskan yang diinginkan perusahaan, namun bagi yang memasukkan lamaran tetap kita terima, jadi untuk penerimaan tenaga berikutnya kita tinggal panggil saja pelamar yang ikut tersebut,’’ jelasnya.
Andre, salah satu pencari kerja yang menghadiri job expo kemarin mengatakan sangat terbantu dan tak sulit-sulit memasukkan lamaran ke perusahaan yang diinginkan. Apalagi saat sekarang puluhan perusahaan menjadi peserta. ‘’Saya masih lihat-lihat. Ada sih yang berminat. Ini lagi mencatat apa syarat-syaratnya,’’ ujar Andre di depan stan Bank Riau.(esi)

http://www.riaupos.com/main/index.php?mib=berita.detail&id=13801

One Response to “Peminat Job Expo Membludak”

  1. yunita said

    Kapan info cpns yang pasti penerimaannya dan gimana dgn nasib kami GTT apa ada peluang jd CPNS karna sampai sekarang tak ada kejelasan apakah kami udah termasuk dlm database pemko pekanbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: