Cegah Manipulasi Usia, Depkes Buat Nomor Identitas Baru

June 10, 2009

Jakarta – Masalah manipulasi usia seperti sudah menjadi rahasia umum di kalangan karyawan. Untuk mencegah kejadian itu terjadi di lingkungannya, Depkes kini telah menggunakan Nomor Identitas Pegawai (NIP) yang baru.

NIP ini akan digunakan Depkes di seluruh daerah. NIP ini sendiri terdiri dari 18 digit, yaitu 8 digit pertama menunjukkan tahun, bulan dan tanggal lahir CPNS/PNS, 6 digit berikut menunjukkan tahun dan bulan pengangkatan CPNS, 1 digit berikut menunjukkan jenis kelamin (1=pria, 2=wanita) dan 3 digit terakhir menunjukkan nomur urut pegawai. NIP yang berlaku selama ini hanya terdiri dari 9 digit.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik Depkes, Lily Sulistyowati dalam siaran persnya yang diterima detikcom, Rabu (1/4/2009).
"Tidak akan ada lagi manupulasi usia. Contohnya bagi PNS yang sudah berumur 58 atau 59 tahun tidak bisa dimundurkan usianya 1 atau 2 tahun lebih muda," ujar Lily mengutip pernyataan Sekretaris Jenderal Depkes, Sjafii Ahmad.
Selain itu, NIP ini juga akan langsung menjadi identitas pada kartu pegawai. Depkes sendiri mengklaim bahwa dirinya adalah departemen pertama di Indonesia yang menerapkan Kartu Pegawai Elektronik (KPE) sebagai Kartu Identitas Pegawai di lingkungan Depkes Pusat dan UPT Depkes di daerah-daerah.
(mok/ddt)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: