Janjikan Pekerjaan, 2 PNS Tipu Warga Hingga Rp 178 Juta

June 12, 2009

Kediri – Dua PNS Pemkot Kediri terpaksa berurusan dengan polisi. Mereka yakni Hasan Amin (48) dan Heru Nas (46). Keduanya dilaporkan menipu proses rekrutmen CPNS hingga korbannya mengalami kerugian mencapai Rp 178,5 juta.

Kedua pelaku melakukannya Maret 2007 silam dan bermula saat keduanya mendatangi Sri Winarsih (48), warga Perumahan Wilis Indah II Blok H 2, untuk menginformasikan rekrutmen CPNS melalui jalur khusus.
Kedua pelaku mengaku bisa memberikan kemudahan, dengan syarat korban bersedia memberikan uang jaminan senilai Rp.178,5 juta. Setelah melalui pemicaraan panjang, korban menyanggupi untuk memberikan uang jaminan, dan diberikan pada tanggal 15 April 2007.
"Saya masih ingat betul, saat ini kedua orang itu datang ke rumah sekitar am 4 sore. Saat itu saya mau saja memberikan uang, karena sangat ingin anak saya bisa menjadi seorang PNS," kata Sri, saat ditemui sejumlah wartawan di sela-sela memberikan laporan di Ruang SPK Mapolresta Kediri, Kamis (23/4/2009).
Namun hingga 2 tahun berselang, tidak terdapat kejelasan terkait kemudahan yang dijanjikan kedua pelaku. Bahkan, saat diminta mengembalikan uang, pelaku selalu berusaha menghindar dan hanya sanggup mengembalikan senilai Rp 38 juta.
"Saya dulu juga tertarik, karena dia juga janji mengembalikan uang saya 10 kali lipat jika anak saya gagal. Tapi nyatanya, saya justru ditipu mentah-mentah," ujar Sri.
Dalam keterangannya Sri juga mengaku baru melaporkan kasus tersebut, setelah sejauh ini berusaha melakukan upaya kekeluargaan. "Disabari nggak tahunya malah nggak tahu diri. Sekarang saya tidak hanya ingin uang saya kembali, tapi mereka juga harus dihukum," imbuhnya dengan nada yang tinggi.(fat/fat)

Leave a Reply

